23 Rumah Warga Rusak Warga Satui Barat Adukan Aktifitas Tambang Ke DPRD Tanbu

Penulis detikban - 30 Sep 2022

1630
[addtoany]
WhatsApp Image 2022-09-15 at 14.58.26

Detik Banua. Co.Id, TANAH BUMBU – Sejumlah warga di desa Satui Barat Kecamatan Satui Kabupaten Tanah Bumbu, datangi DPRD Kab Tanbu, Selasa (6/09/22)

Tujuannya adalah untuk mengadukan aktivitas tambang yang mengakibatkan rumah mereka rusak.

Dari kejadian tersebut, sekitar 23 kepala keluarga terdampak langsung. 

Agus Rusmalianor, perwakilan warga menyampaikan, dari 23 KK yang terdampak ada 8 rumah yang mengalami rusak parah retak dan dikhawatirkan roboh” pungkasnya.

Menanggapi hal ini pihak perusahaan PT.Mitra Jaya Abadi Bersama (MJAB) yang diwakili Muhammad Solikin mengatakan, pihaknya telah miliki izin operasi produksi sementara jarak aktifitasnya sejauh 200 meter dari pinggir jalan dan sebelum berproduksi pun telah melakukan evaluasi lapangan dan menjalankan program csr.

Namun sangat disayangkan dari tiga perusahaan tambang yang diundang diantaranya PT.Autum Bara Energy ,CV.Anugerah Borneo Cool yang dapat berhadir hanya PT.MJAB.

Setelah mendengar masukan dan saran dari berbagai pihak , ketua DPRD Tanah Bumbu mengambil kesimpulan diantaranya PT.MJAB selaku pemilik konsesi pertambangan harus bertanggungjawab ganti rugi rumah warga yang retak dan ambruk. Serta aktivitas pertambangan harus dihentikan dan membuat jalan alternatif.

Rapat dipimpin langsung ketua DPRD H.Supiansayh, didampingi Wakil Ketua I Said Ismail Khollil Alydrus dihadiri wakil Bupati Tanah Bumbu H. MRusli, dandim 1022 Tanah Bumbu, Kajari Tanah Bumbu, Kapolres, Dinas lingkungan hidup, Dinas PUPR, Satpol pp dan Damkar, Dinas perhubungan, Camat Satui, Kepala Desa Satui Barat dan masyarakat satui barat yang terdampak.

maskot-pemilu
baner2
ayo-vote-menangkan-video-wonderful-indonesia-di-unwto-award-170906x_3x2-rev170907
HARI JADI TANBU