Tahun Ini Pemkab Tanbu Bangun Stadion, Bukti Komitmen Bupati Zairullah Dukung Kemajuan Olahraga

Penulis detikban - 28 Mar 2023

1170
[addtoany]
IMG-20230328-WA0023
DETIK BANUA.CO.ID, BATULICIN – Bukti komitmen Bupati Zairullah Azhar dalam mendorong kemajuan olahraga, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanah Bumbu (Tanbu) tahun ini berencana membangun stadion sepakbola.
Kepala Dinas Kebudayaan Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) setempat, melalui Kepala Bidang Kepemudaan dan Olahraga, Sukandar, membenarkan terkait rencana tersebut.

“Programnya dari kami (Disbudporapar), tapi pelaksanaan perencanaan dan pembangunan melalui Dinas PUPR Pemkab Tanbu,” terang dia di ruang kerjanya kantor Disbudporapar Pemkab Tanbu, Senin (27/3/2023).
Dibeberkan dia, saat ini progress masih tahap mencari konsultan perencana melalui Unit Kerja Pengadaan Barang/Jasa (UKPBJ) Pemkab Tanbu.
“Informasi dari Dinas PUPR Tanbu, dalam minggu ini sudah dilaksanakan proses tender konsutan perencananya,” beber Sukandar.
Dijelaskan dia, proses pembangunan stadion dengan masa pelaksanaan pekerjaan tahun jamak atau multiyears.
“Jadi, pelaksaan dimulai tahun 2023 dari dana anggaran pendapatan dan belanja deerah-perubahan (APBD-P), dengan anggaran yang disiapkan mencapai Rp 16 Miliyar,” jelas dia.
Kemudian, lanjut dia, penyelesaian pembangunan stadion di tahun 2024 dikucurkan dana dari APBD hingga Rp 60 Miliyar.

“Jadi, dana Rp 76 Miliyar ini untuk pembangunan lapangan sepakbola berstandar nasional dan tribun penonton,” lanjut dia.
Disebutkan Sukandar, setelah rampung penyelesaian pembangunan stadion sepakbola, direncanakan pembangunan sarana penunjang olahraga lainnya seperti gedung olahraga (GOR) multi-fungsi.
“GOR bisa dimanfaatkan bergantian untuk olahraga basket, voli, futsal, tenis dan olahraga lain,” sebut dia.
Ditambahkan dia, rencana kedepan bahkan di areal stadion nantinya juga akan dibangun kolam renang standar nasional.
“Kita punya atlet renang, tapi tidak memiliki kolam renang standar nasional untuk berlatih, kolam renang milik swasta yang ada tidak standar nasional karena memang peruntukannya hanya untuk sarana wisata,” tambah Sukandar.
Untuk itu, Pemkab Tanbu sejak tahun 2022-2023 sudah lebih dulu membebaskan lahan sekitar 10 hektar di areal pembangunan stadion sepakbola.
“Karena proyeksi jangka panjang disana akan dibangun sarana olahraga lainnya, bahkan disana juga direncanakan disediakan kantor sekretariat cabang olahraga (cabor) hingga kantor sekretariat organisasi kepemudaan seperti KNPI,” ucap dia.
Diungkapkan dia, pembangunan stadion sepakbola ini memang inisiasi dari Bupati Tanah Bumbu, dr HM Zairullah Azhar atas prestasi sepakbola kabupaten berjuluk Bumi Bersujud yang meraih medali emas di Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Kalimantan Selatan pada tahun 2022 lalu.
“Pak Bupati bahkan menginginkan ada club sepakbola di Kabupaten Tanah Bumbu sekelas PS Barito Putera yang bermain di kasta tertinggi Liga Indonesia yaitu Liga 1,” ungkap dia.
KONI Tanbu Sambut Baik Rencana Pembangunan Stadion Sepakbola
Terpisah, Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Tanah Bumbu, I Gede Dewa Parta menyambut baik rencana Bupati Zairullah Azhar membangun stadion sepakbola.
Menurut dia, pembangunan sarana olahraga seperti stadion sepakbola akan berdampak terhadap semangat atlet maupun pecinta sepakbola di Bumi Bersujud.
“Tentu, dengan adanya fasilitas penunjang yang memadai akan berdampak pada prestasi club dan atlet,” terang I Gede.
Lebih lagi, dengan fasilitas lapangan sepakbola saat ini, tim sepakbola Kabupaten Tanah Bumbu mampu meraih medali emas atau juara satu dikancah kejuaraan tingkat provinsi.
“Apalagi, dengan dibangunkan oleh Bupati Zairullah Azhar stadion berstandar nasional tentu latihan atlet bersama club akan lebih baik, yang pasti semangatnya akan beda,” lebih dia.
Ditambah lagi, proyeksi jangka panjang di kawasan stadion sepakbola, turut dibangun sarana penunjang olahraga lainnya, ini sangat baik untuk olahraga di Kabupaten Tanah Bumbu, karena terpusat di satu tempat.
“Jadi, KONI melihat ini sebagai bentuk komitmen penuh Bupati Zairullah Azhar dalam mendorong kemajuan olahraga di Kabupaten Tanah Bumbu, ini harus kita dukung bersama programnya,” puji dia.
maskot-pemilu
baner2
ayo-vote-menangkan-video-wonderful-indonesia-di-unwto-award-170906x_3x2-rev170907
HARI JADI TANBU