Sebagai Penyangga IKN, Tanah Bumbu Persiapkan Program Strategis

Penulis detikban - 23 Mar 2023

1700
[addtoany]
IMG-20230322-WA0016
DETIK BANUA.CO.ID, BATULICIN – Ada sejumlah program prioritas Pemerintah Kabupaten Tanahbumbu, untuk kemajuan dan sebagai penyangga IKN. Ini tentunya terus dipersiapkan menyambut IKN di Kalimantan Timur.
Di antara sejumlah program tersebut mulai dari Pembangunan Gerbang perbatasan, Revitalisasi Siring Pagatan hingga adanya pembangunan Rumah Sakit Tipe D di Kecamatan Satui.
Program itu ada yang sudah dijalankan di 2022 dan ada dimulai pada 2023 ini. Semua rencana program strategis itu bersumber dari dana APBD Pemkab Tanah Bumbu (Tanbu).
” Semua program strategis ini akan kita mulai di 2023 meski sudah ada yang mulai berproses di 2022 dan sumber dananya dari APBD,” kata Anwar Sadat selaku Kepala Badan Perencanaan dan Litbang Kabupaten Tanah Bumbu.
Program ini yang dicetuskan Bupati Tanah Bumbu dr HM Zairullah Azhar bersama Wakil Bupati Tanah Bumbu, H Muhammad Rusli, untuj kesejahteraan masyarakat di Bumi Bersujud ini.
Disebutkan Anwar Sadat, proyek strategis ini tentunya demi pengembangan Tanah Bumbu sehingga program pembangunan infrastruktur jalan, jembatan, pembangunan pintu gerbang, rumah sakit tipe D di Kecamatan Satui, revitalisasi kawasan pesisir pantai bersujud, pembangunan distribusi SPAM, dan lainnya bisa berjalan dengan lancar.
Selain itu, Kepala Bappeda Litbang Tanbu, Andi Anwar Sadat melalui Kabid Perencana Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Pada Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappedalitbang) Kabupaten Tanahbumbu, A Malik, juga menmabahkkan terkait rencana pembangunan rumah dinas pimpinan.
Dua rencana pembangunan rumah dinas (Rumdin) Bupati dan Wakil Bupati dianggarkan tahun ini juga.
” Insya Allah dianggarkan perubahan di tahun 2023, untuk rumah dinas Bupati dan Wakil Bupati Tanah Bumbu, ” katanya, belum lama tadi.
Untuk kedua bangunan itu, lanjut Malik, anggarannya kurang lebih sekitar Rp 7 Miliar, dan itu nanti dimasukkan diperubahan 2023.
Sedangkan untuk lokasinya, sesuai masterplannya disekitar Perkantoran Gunung Tinggi Kecamatan Batulicin.
” Jadi semuanya dianggarkan di perubahan di tahun 2023, semoga ini berjalan dengan lancar sesuai harapan, ” tandasnya.
Konsep rumah dinasnya, juga tidak rumit tentunya ada fasilitas pendopo dan ruang pertemuan hingga kolam renangnya. Desain rumah dinas pun juga sudah ada sehingga tingg menunggu anggaran perubahan. (*)
maskot-pemilu
baner2
ayo-vote-menangkan-video-wonderful-indonesia-di-unwto-award-170906x_3x2-rev170907
HARI JADI TANBU