Wabup Tanbu Apresiasi ACT Dalam Pengumpulan Donasi Untuk Pelestina

Penulis detikban - 27/06/2021

1450
QAAA

Detik Banua. Co.Id, BATULICIN – Berawal dari tujuan yang sama  membantu saudara kita di Palestina, maka digagaslah kegiatan itu. Karena konflik di Palestina bukanlah masalah agama, akan tetapi masalah kemanusiaan.

Hal itu disampaikan Anjar Supangat, Kordinator Aksi Cepat Tanggap (ACT) Tanah Bumbu dalam penyerahan bantuan kemanusian bagi pelestina.

Acara itu digelar di Panggung Pantai Pagatan, Jumat (25/06) diserahkan langsung oleh Wakil Bupati Tanah Bumbu  Muhammad Rusli, kepada Koordinator Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) – Aksi Cepat Tanggap (ACT) Kalsel

Anjar Supangat menjelaskan, bantuan kemanusiaan ini merupakan hasil penggalangan dana dari MRI ACT Tanbu beberapa waktu lalu.

Dimana aksi tersebut dilaksanakan selama 8 hari, dari 30 Mei hingga 6 Juni 2021 di ruas jalan utama di beberapa Kecamatan yang ada di Bumi Bersujud.

Dari penggalangan dana itu, berhasil dikumpulkan donasi dari warga masyarakat sebanyak Rp.251.005.899,-.

Senada dengan Supangat, Koordinator ACT Kalsel Zainal Arifin mengatakan, sejak 2005 keberadaannya, ACT telah bersama Palestina dalam edukasi kemanusiaan.

ACT selalu membawa bendera Indonesia dalam kegiatannya. Selain Palestina, ACT juga hadir di sekitar 60 negara lain yang sedang mengalami tragedi kemanusiaan, dari konflik wilayah hingga bencana alam.

Di Indonesia pun, ACT terus hadir dalam berbagai kesempatan. Seperti bencana banjir yang terjadi di Kalsel beberapa waktu lalu. ACT pun menyalurkan logistik bantuannya.

Dalam hal kemanusiaan, Indonesia adalah negara dengan tingkat kedermawanan yang tinggi di dunia. Hal ini terbukti dari kepedulian warga masyarakat Tanbu yang turut berpartisipasi dalam penggalangan ini.

Zainal menjelaskan, dana yang masuk akan disalurkan ke ACT yang memiliki cabang di Gaza Palestina. Disana donasi akan digunakan antara lain untuk keperluan dapur umum yang menyiapkan makanan siap saji bagi korban konflik dan juga klinik kemanusiaan yang ada.

Ia lalu mengajak seluruh yang hadir untuk mendoakan yang terbaik dan terus membantu saudara di Palestina agar diberi kekuatan. Walaupun tidak bisa membantu langsung kesana, bantuan itu bisa disalurkan dalam bentuk donasi kemanusiaan.

Dalam kesempatan itu, Wabup Muh. Rusli memberikan apresiasi kepada MRI-ACT Tanbu bersama dengan sekitar 40 organisasi, lembaga, yayasan dan komunitas se Tanah Bumbu yang tergabung dalam aliansi tersebut, yang telah berpartisipasi dalam aksi penggalangan dana solidaritas itu.

Sebagaimana diketahui bersama, kondisi Palestina masih menjadi permasalahan global yang ramai dibicarakan hingga saat ini.

Apalagi pasca serangan yang telah menyebabkan kerugian yang sangat besar, melukai ribuan orang bahkan mengakibatkan kematian termasuk anak-anak dan wanita.

“Oleh karena itu, dengan diberikannya bantuan berupa donasi ini, semoga dapat membangun gerakan masyarakat sipil dunia yang terorganisir dalam membantu Palestina,” ujar Wabup.

Wabup juga berpesan kepada ACT Kalsel agar bantuan yang diberikan dapat berguna dengan sebaik-baiknya membantu saudara di Palestina dalam kelangsungan hidup mereka.

“Sekali lagi kami ucapkan terima kasih kepada seluruh aliansi aksi solidaritas galang dana terkait, semoga menjadi amal ibadah bagi kita semua,” tutupnya.

Turut berhadir dalam kegiatan itu, Staf Ahli Bupati, Kepala Dinas Sosial, Pemerintah Kecamatan dan unsur Muspika, Kelurahan Kota Pagatan dan perwakilan organisasi, lembaga, yayasan dan komunitas yang tergabung dalam aliansi tersebut (Rel/Red)

maskot-pemilu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

baner2
ayo-vote-menangkan-video-wonderful-indonesia-di-unwto-award-170906x_3x2-rev170907
HARI JADI TANBU