Perkuat Pengawasan Dana Desa, Pemkab Tanbu Gelar Bimtek Aplikasi “SIJAKA”

Penulis detikban - 24/06/2021

1640
Sekda 2

Detik Banua. Co. Id, Tanah Bumbu – Dalam rangka memperkuat pembinaan dan pengawasan terhadap penggunaan dana desa. Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu menggelar bimbingan teknis (Bimtek) aplikasi SI JAKA atau Sistem Informasi Jaga dan Kawal Dana Desa bagi Desa se-Kabupaten Tanah Bumb

Bimtek dibuka oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Tanah Bumbu, Dr H Ambo Sakka. M. Pd, di Hotel Best Westren Banjarmasin, Kamis (24/06).

Rencananya bimtek akan dilaksanakan dari tanggal 24 hingga 26 Juni 2021

Dalam sambutannya, Sekda Ambo Sakka meminta kepada semua peserta, agar serius mengikuti bimbingan teknis ini, agar kedepan tidak ada permasalah terkait dana desa.

Aplikasi SI JAKA ini sangat didukung oleh Pemerintah Daerah. “Oleh karena itu, mari kita dukung program pemerintah daerah dengan satu visi misi dengan Bupati dan Wakil Bupati, dengan menyelaraskan program sampai ke desa, sehingga desa dapat lebih maju karena terintegritas dengan Kabupaten,” imbuhnya

Dia menyebut  dasar pelaksanaan bimtek SI JAKA adalah Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah tertinggal, dan Tranmigrasi RI Nomor 11 Tahun 2019. Tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa terkait sistem adminitrasi keuangan dan aset desa berbasis data digital, laporan keuangan dan aset desa yang terbuka untuk publik.

Tujuan dilaksanakan Bimtek ini adalah untuk meningkatkan kompetensi aparatur desa dalam menggunakan aplikasi sistem informasi

Senada dengan Sekda, Plt.Kadis PMD Tanbu, Samsir, SE.,M.AP mengatakan bahwa aplikasi SI JAKA ini dapat memudahkan  Kepala Desa untuk mengetahui  pelaporan, pelaksanaan dan pengawasan melalui Whatsapp.

“Semua terkait pelaporan sudah dapat diketahui secara otomatis serta terintegrasi,” ujarnya

Samsir menjelaskan, SI JAKA ini juga dapat di akses oleh Aparat Penegak Hukum, Inspektorat, Aparat Pengawas Internal Pemerintah, dan Pemerintah Daerah Tanah Bumbu

Dengan aplikasi SI JAKA, diharapkan penggunaan dana desa sesuai dengan aturan yang berlaku, dan meminimalisir permasalahan di desa.

Nampak hadir dalam acara Kepala Kejaksaan Tinggi Provinsi Kalimantan Selatan, Kejaksaan Negeri Kabupaten Tanah Bumbu,  Camat Se-Kabupaten Tanah Bumbu, Kasi Pemerintahan Kecamatan se Kabupaten Tanah Bumbu, Kepala Desa se Kabupaten Tanah Bumbu dan Perangkat Desa. (Rel/Man)

maskot-pemilu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

baner2
ayo-vote-menangkan-video-wonderful-indonesia-di-unwto-award-170906x_3x2-rev170907
HARI JADI TANBU