Pemkab Tanbu Bentuk Desa Tanggap Covid-19

Penulis detikban - 20/04/2020

13020
WhatsApp Image 2020-04-20 at 21.12.38

Detik Banua.Co.Id, BATULICIN – Sebagai upaya pencegahan dan penanganan Virus Covid-19 yang semakin menjadi. Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) membentuk Desa Tanggap Covid-19. 

Hal itu dinilai efektif untuk memutus rantai penyebaran virus corona. Seperti disampaikan Bupati Tanah Bumbu H Sudian Noor beberapa waktu lalu.

Bupati menambahkan pembentukan Desa Tanggap Covid-19  ini untuk menindak lanjuti Surat Edaran Kementerian Desa Nomor 8/2020 tentang Desa Tanggap Covid-19 dan Penegasan tentang Padat Karya Tunai Desa (PKTD).

Desa Tanggap Covid-19 ini nantinya akan membentuk relawan desa.

Berbagai pihak nantinya dilibatkan di Desa Tanggap Covid-19. Mulai dari perangkat desa seperti RT/RW hingga pihak lainnya.

Menurut Bupati, saat ini sebagian desa di Tanbu sudah membentuk Desa Tanggap Covid-19. Mengaktifkan kembali  Siskamling di lingkungan masing-masing, sehingga lebih mudah melakukan pengawasan terhadap orang luar yang masuk ke Tanbu baik itu melalui jalur laut dan udara.

Bupati berharap semua desa di Tanbu  sudah membentuk desa tanggap covid-19 dalam waktu dekat

“Untuk teknis pelaksanaannya saya serahkan ke desa masing masing, karena penanganan setiap desa pasti berbeda beda,” tambahnya.

Sedangkan untuk area perkotaan Bupati meminta untuk menutup jalan kecil yang menjadi pintu keluar masuknya orang, hanya jalan utama saja di buka

Sedangkan untuk pengawasan di tingkat RT, diserahkan pada relawan yang ada di desa.

“Tugas mereka hanya mendata dan melaporkan orang luar yang datang, baru nanti petugas kesehatan yang akan melakukan pemeriksaan,” tutupnya.

 

maskot-pemilu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

baner2
ayo-vote-menangkan-video-wonderful-indonesia-di-unwto-award-170906x_3x2-rev170907
HARI JADI TANBU