H Sudian Noor : Seluruh Pekerja Di Tanbu Layak Dapat Perlindungan Jamsostek

Penulis detikban - 23/01/2019

10190
WhatsApp-Image-2019-01-23-at-3.50.06-PM-300x225

BATULICIN, Detik Banua. Co.Id – Dalam rangka dukungan terhadap pelaksanaan Program BPJS Ketenagakerjaan sesuai Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2011 Tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial, Bupati Tanah Bumbu telah menandatangani Kesepakatan Bersama dengan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Batulicin pada bulan Desember 2018 tentang Penyelenggaraan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan di Kabupaten Tanah Bumbu.

Kesepakatan Bersama bertujuan untuk saling mengoptimalkan fungsi kemitraan strategis Pemerintah Daerah serta memperoleh manfaat yang saling menguntungkan bagi Pemerintah Daerah dan masyarakat pekerja di Kabupaten Tanah Bumbu dengan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Batulicin sebagai penyelenggara amanah Undang-Undang.

Dalam pernyataannya, Bupati Tanah Bumbu, H Sudian Noor, berharap agar seluruh pekerja di Kabupaten Tanah Bumbu mendapatkan perlindungan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan yang paripurna. Oleh karena itu para pemberi kerja atau badan usaha yang berada di Kabupaten Tanah Bumbu wajib mendaftarkan seluruh tenaga kerjanya pada Program BPJS Ketenagakerjaan dan menghimbau kepada para Kepala SKPD, Badan dan Organisasi Perangkat Daerah memberikan perlindungan yang sama pada Tenaga Harian Lepas, Non Aparatur Sipil Negara dan Aparatur Desa melalui Progam BPJS Ketenagakerjaan.

Kepada BPJS Ketenagakerjaan agar dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada peserta BPJS ketenagakerjaan yang merupakan masyarakat Kabupaten Tanah Bumbu dan menjadi mitra strategis Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu.

Setelah dilakukannya penandatanganan Kesepakatan Bersama dengan Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu, juga dilaksanakan kerjasama dengan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Tanah Bumbu berkaitan dengan Optimalisasi Penyelenggaraan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan di Kabupaten Tanah Bumbu melalui Mekanisme PTSP.

Kepala Dinas Penanaman Modan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Tanah Bumbu, Eka Saprudin mengatakan DPMPTSP akan bersinergi dengan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Batulicin dalam rangka Optimalisasi penyelenggaraan ketenagakerjaan di Kabupaten Tanah Bumbu melalui mekanisme pelayanan terpadu satu pintu dalam pengurusan perijinan badan usaha, untuk wajib terdaftar Program BPJS Ketenagakerjaan sebagai implementasi dan dukungan atas Nota Kesepakatan bersama Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu dengan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Batulicin.

Aris Priyo Wibowo, selaku Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Batulicin memberikan apresiasi yang tinggi kepada Bupati Tanah Bumbu atas dukungannya terhadap pelaksanaan program BPJS ketenagakerjaan dan juga kepada Kepala Dinas DPMPTSP Kabupaten Tanah Bumbu yang telah melaksanakan kerjasama dalam proses pengurusan perijinan.

Menurutnya Kesepakatan Bersama merupakan payung hukum dukungan yang sangat luar biasa dari Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu yang selanjutnya dapat ditindaklanjuti kerjasama dengan SKPD Kabupaten Tanah Bumbu dalam optimalisasi penyelenggaraan Program BPJS Ketenagakerjaan di Kabupaten Tanah Bumbu.

Dengan Kesepakatan Bersama tersebut, program kerja prioritas BPJS Ketenagakerjaan Cabang Batulicin triwulan I Tahun 2019 adalah melakukan kerjasama dengan SKPD yang memiliki potensi tenaga kerja baik sektor formal maupun informal seperti Dinas Perikanan, Dinas Pertanian, Dinas Perdagangan dan Industri, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi Koperasi dan UMKM, serta Kementerian Agama.

Diharapkan dengan kerjasama tersebut maka manfaat Program BPJS Ketenagakerjaan dapat diketahui oleh para pekerja formal maupun informal serta berdampak kepada terlindunginya para pekerja dari resiko kecelakaan kerja, kematian, hari tua dan pensiun.

Selain kerjasama dengan dinas-dinas, BPJS ketenagakerjaan juga akan mengoptimalkan perluasan kepesertaan melalui channel perbankan, agen perisai dan UPK Dana Amanah Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Tanah Bumbu sehingga diharapkan seluruh masyarakat pekerja formal dan informal di Kabupaten Tanah Bumbu mendapatkan perlindungan Program BPJS Ketenagakerjaan. (Rel/BPJS.TK)

maskot-pemilu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

baner2
ayo-vote-menangkan-video-wonderful-indonesia-di-unwto-award-170906x_3x2-rev170907
HARI JADI TANBU