Calon Jamaah Haji Tanah Bumbu Dibekali Tips Sehat Saat Armusna

Penulis detikban - 04/08/2019

9100
CALHAJ

Detik Banua. Co.Id, MAKKAH –Tim Promotif Preventif (TPP) dari Kementerian Kesehatan, melakukan sosialisasi tentang tips Haji Sehat saat ARMUSNA (Arafah, Musdalifah dan Mina) kepada jamaah calon haji asal Kabupaten Tanah Bumbu Sabtu, (03/08/2019) di pemondokan JCH.

Dalam sosialisasi itu, TPP menyampaikan tips atau langkah yang harus dipersiapkan dan dilakukan oleh para JCH saat memasuki puncak pelaksanaan Ibadah Haji 1440 H.

Diantaranya yaitu, JCH harus selalu menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) seperti sprayer air, kacamata hitam, masker dan payung selama melakukan aktifitas diluar ruangan.

Lalu JCH juga disarankan untuk sering minum air putih, namun mengurangi minuman lainnya dikarenakan jumlah toilet yang terbatas di beberapa lokasi.

Selain itu, guna menghindari dehidrasi, JCH disarankan untuk minum cairan Oralit dengan takaran 1 botol untuk 2 sachet Oralit.

Sedangkan berdasarkan laporan dari Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD) Tanbu, Akhmad Fauzi suhu udara di Makkah siang itu (Sabtu, 03 Agustus 2019, red) mencapai 44 derajat celsius dengan kelembaban udara hanya 5%. Sedangkan pada malam harinya berkisar di 33 derajat celsius.

“Suasana di Masjidil Haram terpantau saat ini sangat padat, sehingga untuk dapat masuk dan mendapat shaf ke dalam masjid semakin sulit. Hal ini karena sebentar lagi akan memasuki fase ARMUSNA,” kata Akhmad Fauzi.

Ia menambahkan, bus pengantar JCH dari hotel ke terminal pun sangat penuh dan berjejal.

“Jadi untuk ibadah sholat dihimbau kepada JCH untuk dilakukan di masjid hotel atau masjid terdekat,” pungkasnya

(RED/DBOL)

maskot-pemilu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

baner2
ayo-vote-menangkan-video-wonderful-indonesia-di-unwto-award-170906x_3x2-rev170907
HARI JADI TANBU