JMSI Tanbu Kolaborasi PWI Kalsel Sukses Gelar UKW Angkatan Ke XX

Penulis detikban - 18 Des 2023

1800
[addtoany]
Gambar UKW

DETIK BANUA.CO.ID, TANAH BUMBU – Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Cabang Tanah Bumbu dan JMSI Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) bekerja sama dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Kalsel sukses menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan-20 jenjang muda.

Pelaksanaan UKW diikuti 12 jurnalis dengan peserta berasal dari tiga kabupaten kota, diantaranya dari Kabupaten Tanah Bumbu berjumlah 7 orang, Kotabaru 3 orang dan Kota Banjarmasin berjumlah 2 orang.

UKW angkatan-20 ini digelar selama dua hari, yakni pada 15-16 Desember 2023 di Gedung PWI Kalsel dengan menghadirkan dua orang penguji, yakni Faturrahman, selaku Dewan Kehormatan PWI Pusat dan Zainal Helmie selaku Ketua PWI Kalsel.

Kegiatan UKW angkatan-20 dibuka langsung oleh Ketua JMSI Kalimantan Selatan, Milhan Rusli Jum’at (15/12) pagi serta ditutup oleh Ketua JMSI Cabang Tanah Bumbu, Zainal Hakim, Sabtu (15/12) sore.

Ketua JMSI Cabang Tanah Bumbu, Zainal Hakim saat menutup UKW Angkatan-20 mengatakan sangat bersyukur dan berterima kasih kepada seluruh pengurus PWI Kalsel yang selalu memberikan support kepada JMSI sehingga kolaborasi PWI Kalsel dan JMSI berjalan sukses.

“Terima kasih kepada seluruh pengurus PWI Kalsel yang telah memberikan support kepada JMSI sehingga impian dan program kami menginisiasi program UKW pertama kali bisa terlaksana dan suskses,” ucap Hakim

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana UKW angkatan-20 sekaligus Sekretaris PWI Kalsel Toto Fachruddin mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta yang mengikuti UKW dengan terti hingga selesai. Dia menginformasikan untuk jumlah peserta yang dinyatakan berkompeten dan tidak berkompeten.

“Terima kasih kepada rekan-rekan peserta UKW, untuk hasil kali ini yang dinyatakan berkompeten berjumlah 9 orang sedangkan yang belum berkompeten berjumlah 3 orang” ucap Toto.

Dia mengucapkan selamat kepada peserta yang dinyatakan berkompeten dan berharap untuk perserta yang masih dinyatakan belum berkompeten untuk tidak patah semangat dan masih bisa mengikuti UKW selanjutnya.

“Tetap bersemangat sambil belajar, untuk peserta yang dinyatakan belum berkompeten masih bisa mengikuti UKW selanjutnya dalam jangka waktu minimal 6 bulan kedepan” katanya

Ditempat yang sama, Dewan kehormatan PWI Pusat, Fathurrahman saat memberikan arahan kepada seluruh peserta UKW mengatakan kegiatan ini secara keseluruhan memberikan nilai dan arti yang sangat besar karena PWI Kalsel sudah melaksanakan UKW sebanyak 20 angkatan sejak tahun 2012.

“Ini adalah UKW yang ke-20 di Kalsel, tentunya bagi PWI secara keseluruhan ini memberikan nilai dan arti sangat besar, sampai saat ini hampir 16 ribu secara keseluruhan di PWI sudah tersertifikasi UKW” katanya

Dia melanjutkan, bagi peserta yang mengikuti UKW ini dinilai positif, masih banyak wartawan yang belum berani mengikuti UKW karena takut dinyatakan tidak berkompeten dan masih banyak organisasi yang menolak dengan adanya UKW yang ditetapkan oleh Dewan Pers, padahal UKW adalah untuk mengukur kampuan seorang wartawan karena wartawan adalah sebuah profesi.(Red)

maskot-pemilu
baner2
ayo-vote-menangkan-video-wonderful-indonesia-di-unwto-award-170906x_3x2-rev170907
HARI JADI TANBU