Ini Harapan Zairullah di Ekspose program Smart Fishery Village

Penulis detikban - 22 Des 2023

2310
[addtoany]
img_1703219640465

DETIK BANUA.CO.ID, BATULICIN – Bupati Tanah Bumbu, HM Zairullah Azhar melakukan panen ikan patin Program Desa Perikanan Cerdas atau Smart Fisheries Village (SFV) Kampung Patin, Desa Sungai Dua,Kecamatan Simpang Empat.

Panen ikan tersebut dilakukan disela rangkaian kegiatan Ekspose Desa Perikanan Cerdas atau Smart Fisheries Village (SFV) oleh Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) melalui Dinas Perikanan.

Kegiatan berlangsung di Lesehan Carina, Cekdam Desa Sungai Dua Kecamatan Simpang Empat,Rabu (20/12/23).

Bupati menyampaikan, dirinya menyambut baik dan penuh rasa syukur, atas dilaksanakannya Ekspose program Smart Fishery Village ini.
“Semoga dengan momentum penting ini, kita semua terus berupaya untuk bekerja dan berdoa dalam mewujudkan keberhasilan pembangunan daerah kita,”ucapnya.

Lebih jauh disampaikan, program ini merupakan upaya Pemerintah daerah untuk meningkatkan dan mengembangkan Desa Perikanan, melalui program Smart Fisheries Village (SFV).

“Oleh karena itu, dalam semangat perubahan yang tak kenal lelah, diperlukan suatu komitmen kita bersama sebagai upaya sinergi perencanaan dan pelaksanaan pembangunan, serta pengembangan Sumber Daya Manusia dan Perikanan, guna mendukung penuh terwujudnya Tanah Bumbu Bersujud Menuju Serambi Madinah,”tambah bupati.

SMART Fisheries Village (SFV) Desa merupakan konsep pembangunan dari hulu ke hilir yang berbasis penerapan teknologi dan manajemen tepat guna, serta peningkatan ekonomi masyarakat desa.

SFV berlokasikan di Kampung Patin, Desa Sungai Dua Kabupaten Tanah Bumbu, dengan Luas 154,57 ha, Luas Kolam Existing 17, 3 ha.

Adapun penetapan Desa Perikanan Cerdas di Kabupaten Tanah Bumbu ini, berdasarkan keputusan Kepala BRSDMKP Nomor 156 Tahun 2023 tentang Penetapan Lokasi Desa Perikanan Cerdas / Smart Fishery Village BRSDM Tahun 2023.

SFV mengusung prinsip Keberlanjutan, Modernisasi, Akselerasi, Regenerasi, dan Teknologi di setiap lokasi desa perikanan unggulan.

Dalam Kegiatan tersebut Bupati juga mengukuhkan Hj Wahyu Windarti sebagai Bunda Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (FORIKAN) Kabupaten Tanah Bumbu.

Hadir pada kegiatan tersebut, Kepala Balai Besar Riset Pengolahan Produk dan Bioteknologi Kelautan dan Perikanan (BBRPPBKP) Kementrian Kelautan dan Perikanan (Kemen KP) RI, sejumlah pejabat Pemkab Tanbu. Tampak hadir juga Wakil Bupati Tanbu Periode 2016-2021, H Ready Kambo.

maskot-pemilu
baner2
ayo-vote-menangkan-video-wonderful-indonesia-di-unwto-award-170906x_3x2-rev170907
HARI JADI TANBU