Sidang Paripurna, Bupati Tanbu Sampaikan 2 Buah Raperda

Penulis detikban - 08/11/2021

1120
IMG-20211108-WA0030

Detik Banua.Co.Id, BATULICIN – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tanah Bumbu menggelar rapat paripurna, di ruang sidang utama, Senin (08/11)

Rapat paripurna itu membahas dua buah Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) yang disampaikan Bupati Tanah Bumbu H.M Zairullah Azhar.

Sidang dipimpin Wakil Ketua I DPRD Tanah Bumbu, Said Ismail Khollil Alydrus, didampingi Ketua, H Supiansyah, dan Wakil Ketua II, Agoes Rakhmady.

Dua buah raperda yang disampaikan tersebut yakni raperda tentang penetapan nama desa dan raperda tentang perubahan bentuk hukum Perusahaan Daerah Air Minum Bersujud menjadi PT. Air Minum Bersujud (Perseroda).

“Dengan selesainya dilakukan pembahasan pada tingkat ekskutif, maka dengan ini kami menyampaikan dua buah raperda untuk dilakukan pembahasan bersama di tingkat legislatif,” ungkap Bupati Zairullah,” saat menyampaikan sambutan

Dia menjelaskan penetapan nama desa, sesuai dengan ketentuan Pasal 116 ayat (2) Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, serta ketentuan Pasal 29 ayat (3) Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 2014 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang desa

Selain itu, kata Zairullah, masih adanya beberapa desa yang belum ada dasar pembentukannya melalui peraturan daerah karena adanya desa bawaan dari pemekaran Kabupaten Kota Baru.

Kemudian untuk membakukan penulisan nama setiap desa sesuai dengan hasil kesepakatan melalui musyawarah desa terkait penulisan nama desa, sehingga perlu ditetapkan dengan peraturan daerah. 

“Untuk memberikan legalitas terhadap keberadaan suatu desa, serta sebagai dasar dalam hal penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, pemberdayaan, dan pembinaan kemasyarakatan desa,” bebernya 

Dengan peraturan daerah ini, ditetapkan 144 nama desa di wilayah Kabupaten Tanah Bumbu.

Kemudian Raperda tentang Perubahan Bentuk Hukum Perusahaan Daerah Air Minum Bersujud menjadi PT. Air Minum Bersujud (Perseroda).

Menurut Zairullah raperda ini untuk melaksanakan ketentuan Pasal 114 ayat (4) Peraturan Pemerintah Nomor 54 Tahun 2017 tentang Badan Usaha Milik Daerah, menyatakan bahwa ‘Perubahan bentuk hukum BUMD ditetapkan dengan Peraturan Daerah’.

Serta guna meningkatkan peran dan fungsi Perusahaan Daerah Air Minum Bersujud dalam meningkatkan perekonomian daerah dan kesejahteraan masyarakat melalui penyediaan air bersih berdasarkan prinsip-prinsip tata kelola perusahaan yang baik.

Perubahan bentuk dari Perusahaan Daerah Air Minum Bersujud menjadi PT. Air Minum Bersujud (Perseroda), kata Zairullah, untuk memberikan fungsi dan peran yang lebih besar kepada Perseroan agar dapat mengembangkan usahanya secara profesional.

Selain itu meningkatkan kinerja dan daya saing perseroan untuk dapat meningkatkan permodalan dengan memberikan kesempatan kepada pihak ketiga untuk menanamkan modalnya.

Ditambahkannnya juga peningkatan pelayanan penyediaan air bersih yang bermutu bagi masyarakat sehingga dapat meningkatkan pendapatan asli daerah. (Rel/Red)

maskot-pemilu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

baner2
ayo-vote-menangkan-video-wonderful-indonesia-di-unwto-award-170906x_3x2-rev170907
HARI JADI TANBU