Sekda Ziarah Ke Makam Pejuang Islam di Kaltim

Penulis detikban - 27 Mei 2024

1170
[addtoany]
screenshot-1716774545814
Detik Banua.Co.Id, Tenggarong – Sekretaris Daerah Kabupaten Tanah Bumbu H Ambo Sakka bersama tokoh ulama dan adat ziarah ke makam pejuang islam di Tenggarong Provinsi Kalimantan Timur

Tujuannya adalah untuk melihat secara langsung situs sejarah islam dan makam para pejuang syiar Islam di Kaltim.

Ini merupakan bagian dari rangkaian  studi kaji tiri di Pondok Pesantren di Kaltim.

Rombongan dipimpin langsung Sekda Tanbu H Ambo Sakka dengan melibatkan sujumlah ulama dan tokoh masyarakat Tanah Bumbu

Sebelum keberangkatan di hari kemarin, ziarah bermula di daerah sendiri, yakni makam Syekh Muhammad Arsyad Bin As’ad kota Pagatan. Kemudian dilanjutkan Syarif Ahmad Alaydrus Batulicin, seraya menghampiri makam KH. Ahmad Dahlan Cantung Kabupaten Kotabaru.

Jumat (24/05/2024) adalah hari pertama ziarah di wilayah Kaltim,dimulai dengan ziarah
ke makam Sayid Muhammad Bin Sayid Sholeh Tenggarong Kutai Kartanegara.
Kemudian, Penjiarah berlanjut ke makam raja Kukar dan ulama Kutai Kartanegara di Tenggarong yang dibimbing Habib Abdullah bin Tohir.
Di tempat itu , rombongan sekaligus menghampiri makam Adji Mohd Sulaiman sebagai sultan ke 17, sekaligus makam Sayid Muhammad bin Sayid Saleh yang makam nya tepat berdampingan.
Masih di Kutai Kartanegara, di lanjutkan ziarah ke makam Syech Abu Tolhah bin Mufti HM.As’ad, di mana tokoh syiar Islam yang satu ini merupakan keluarga dekat dari Syech Muhammad Arsyad Albanjari atau yang di kenal dengan guru kelampaian Martapura Kalimantan Selatan.
Dilanjutkan kembali ke makam Habib Hasan Alaydrus mesjid Jami At-Taqwa. Serta makam Syarifah Maryam Bin Abdullah Alaydrus Keramat Pulau Tukung Balikpapan.
Kemudian sepulang menuju Tanah Bumbu akan di sempatkan ke makam
Habib Sayid Hamid yang bergelar Pengeran Syarif Hamid bin Ahmad Assegaf Raja Muda Paser Tanah Grogot serya Habib Ali Bin Hamid Assegaf Paser Grogot.
Di sela Ziarah, Sekda mengambil hikmah dari kegiatan ini. “hal ini perlu dijadikan inspirasi buat daerah Kabupaten Tanah Bumbu sendiri mengingat daerah ini tak kalah memiliki makam makam para tokoh ulama,” ungkapnya

Sekda berharap hal ini dapat dijadikan contoh di Tanah Bumbu dalam hal pengelolaannya

“Kita berharap kegiatan ini jadi contoh untuk mengelola sejumlah makam pejuang syiar Islam di tempat kita secara lebih baik,” tutupnya
maskot-pemilu
baner2
ayo-vote-menangkan-video-wonderful-indonesia-di-unwto-award-170906x_3x2-rev170907
HARI JADI TANBU