Kepala Dinas PMD Tanbu Buka Bimtek BPD Se-Kecamatan Sungai Loban

Penulis detikban - 21 Agu 2023

2020
[addtoany]
img_1692582720040

DETIK BANUA.CO.ID, BATULICIN
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa Kabupaten Tanah Bumbu mebuka bimbingan teknis (Bimtek) Badan Permusyawaratan Desa (BPD) se-Kecamatan Sungai Loban, di Tanah Bumbu, Minggu (21/08/23).

Kegiatan digelar selama tiga hari  sejak tanggal 20 hingga 22 Agutus 2023 dihadiri Camat Sungai Loban dan Pendamping Desa.

Kegiatan tersebut diselenggarakan Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu).

Selain BPD, Pengurus Bumdesa juga dilibatkan untuk mengetahui hal-hal yang harus dilakukan dan yang tidak boleh.

Saat membuka acara, Kepala Dinas PMD Tanbu, Samsir menyampaikan bahwa sangat mengapresiasi kegiatan Bimtek BPD dan Bumdesa tersebut.

” Semoga peserta nantinya dapat menambah pengetahuan terkait dengan tugas dan Fungsi BPD dan upaya peningkatan Bumdesa, ” kata Samsir,

Sebab, hal ini sangat penting dalam rangka membangun Desa untuk menjadikan desa Maju dan mandiri.

BPD, lanjut Samsir, mempunyai peranan sangat penting dalam membuat regulasi bersama kepala desa, menyerap aspirasi masyarakat serta melakukan pengawasan dan monitoring terhadap kegiatan di desa dan serta pengawasan dalam penyelenggaraan pemerintahan di desa.

Begitu juga dengan Penguatan Bumdesa merupakan bagian yang sangat strategis. Bumdesa apabika dikelola dengan baik, maka Bumdesa dapat memberikan konstribusi bagi Pendapatan Asli Desa, dan ini sangat berpeluang untuk dikelola dengan baik.

” Mari kita berpikir bersama-sama bahwa Bumdesa lah yang mempunyai potensi untuk dikelola dengan baik. Melalui Bimtek ini peserta nantinya dapat menanyakan langsung kepada narasumber tentang pengelolaan Bumdes,” pungkas Samsir.

Sementara itu, Ketua BKAD Rauf Pikum juga menyampaikan bahwa Bimtek ini dalam rangka silaturahmi dan meningkatkan pengetahuan BPD.

” Kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan aspirasi BPD dan Bumdesa, mudah-mudahan ke depan terus dapat kita laksanakan untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya. (Rel)

maskot-pemilu
baner2
ayo-vote-menangkan-video-wonderful-indonesia-di-unwto-award-170906x_3x2-rev170907
HARI JADI TANBU