Dispersip Tanbu Ikuti Bimtek Penominasian Arsip

Penulis detikban - 19 Feb 2023

890
[addtoany]
img_1676799469045
DETIK BANUA.CO.ID, BATULICIN –Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kabupaten Tanah Bumbu mengikuti sosialisasi dan bimbingan teknis (Bimtek) penominasian arsip sebagai memori kolektif bangsa tahun 2023 secara daring dari Kantor Dispersip Tanbu, Kamis (15/2/2023).
Sosialisasi dan Bimtek yang digelar oleh Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) tersebut dibuka secara resmi oleh Kepala ANRI Imam Gunarto.
Dalam sambutanya, Kepala ANRI mengatakan kegiatan ini bukan hanya untuk meregistrasi dan menjalankan perintah presiden untuk mendokumentasikan kesenian dan kebudayaan, namun sebagai bentuk kesadaran yang tumbuh untuk mengatasi darurat arsip, darurat memori, dan darurat sejarah.
Imam Gunarto yang juga Ketua Komite Memory of the World (MOW) Indonesia dalam kesempatan itu juga memaparkan materi Warisan Dokumenter Indonesia.
Sementara itu, Kepala Dispersip Tanbu Yulia Rahmadani mengatakan program registrasi arsip sebagai memori kolektif bangsa (MKB) bertujuan untuk membangun basis data arsip MKB yang memiliki nilai nasional dan universal.
“MKB adalah arsip dari sejarah perjalanan bangsa yang merupakan aset nasional yang menggambarkan identitas dan jati diri bangsa Indonesia,” kata Yulia.
Melalui program MKB ini, sebutnya tentunya dapat menyelamatkan dan melestarikan arsip dari resiko musnah atau hilang yang disebabkan oleh faktor alamiah atau faktor manusia.
Melalui MKB ini juga diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap arsip yang awalnya hanya diketahui secara terbatas menjadi pengetahuan bagi masyarakat diseluruh Indonesia. (Rel/Red)
maskot-pemilu
baner2
ayo-vote-menangkan-video-wonderful-indonesia-di-unwto-award-170906x_3x2-rev170907
HARI JADI TANBU