Dinas PMD Tanbu Inisiasi Penyuluhan Hukum Bagi Perangkat Desa

Penulis detikban - 14 Feb 2023

1270
[addtoany]
FB_IMG_1676388708073
DETIK BANUA.CO.ID, BATULICIN – Sebanyak 708 orang yang terdiri dari Kepala Desa, Perangkat Desa, dan Anggota BPD se-Kabupaten Tanah Bumbu mengikuti penyuluhan hukum dan administrati desa di Gedung Kapet Kecamatan Simpang Empat, Senin (13/02)
Kegiatan yang digelar oleh Kejaksaan Negeri Kabupaten Tanah Bumbu ini dihadiri langsung Bupati Tanah Bumbu HM Zairullah Azhar
Kajari Tanah Bumbu, I Wayan Wiradharma mengharapkan, melalui penyuluhan ini semua aparatur desa khususnya kepala desa paham terkait hukum terhadap penggunaan dana desa dan penggunaan wewenang.
Penyuluhan ini dilakukan agar seluruh aparatur desa paham dan jika sudah dilakukan pembinaan tetap bandel, terpaksa pihaknya menerapkan tindakan hukum.
“Kita bina. Salah satunya melalui penyuluhan ini untuk memberikan bekal pengetahuan hukum. Tapi jika bandel terpaksa dibinasakan juga,” ungkapnya.
Penyuluhan hukum sendiri di inisiasi Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Tanahbumbu yang dipimpin Kepala Dinas PMD, Samsir.
I Wayan menyatakan, penyuluhan hukum ini dalam rangka memberikan bekal bagi aparatur dan perangkat desa dalam penggunaan APBDes untuk pembangunan desa
“Mereka diberikan wawasan dan pengetahuan tentang regulasi dan lainnya, agar tidak terjerat tindak pidana korupsi,” ujarnya.
Menurutnya, ini upaya untuk menghindari terjadinya tindak pidana korupsi. Sehingga Kejaksaan memberikan bekal ilmu terkait penyuluhan hukum. Sebab bisa dipahami, kebanyakan kepala desa belum paham sola itu.
“Kita tindak tegas jika ada yang masih melakukan penyelewengan dana desa. Ada satu desa di Tanahbumbu yang sudah menjalani proses hukum,” jelasnya.
Sementara, Bupati Tanah Bumbu dr Zairullah Azhar mengapresiasi langkah Kejaksaan melaksanakan penyuluhan hukum yang pertama digelar di Indonesia ini.
“Saya berharap tak ada lagi kades terperangkap perkara korupsi dalam pengelolaan dan pemanfaatan dana desa setelah dibekali pengetahuan,” harapnya.
Diketahui, selama ini sejak 2016 lalu Kejaksaan juga sudah memberikan pendampingan hukum di Bumi Bersujud.
Hasilnya cukup bagus dan positif, mampu meminimalisir potensi tindak pidana korupsi dalam penyelenggaraan pemerintahan.
Ikut hadir dalam acara, Sekretaris Daerah DR Ambo Sakka, Anggota DPRD Tanahbumbu, H Hasanuddin, seluruh Kepala SKPD dilingkup Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu
maskot-pemilu
baner2
ayo-vote-menangkan-video-wonderful-indonesia-di-unwto-award-170906x_3x2-rev170907
HARI JADI TANBU