Desa Kersik Putih Kecamatan Batulicin Wakili Lomba Desa Tingkat Kabupaten

Penulis detikban - 29/03/2022

1360
WhatsApp Image 2022-03-29 at 18.43.50

DETIK BANUA.CO.ID, BATULICIN – Tim Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan mengunjungi Desa Kersik Putih Kecamatan Batulicin, Selasa (29/03/22).
Kedatangan tim bertujuan untuk melakukan penilaian lomba desa terhadap Desa Kersik Putih
Desa Kersik Putih mewakili Kecamatan Batulicin setelah dinyatakan menjadi juara 1 tingkat kecamatan
Kepala Desa Kersik Putih Rudi Hartono mengaku bersyukur dipilihnya Desa Kersik Putih mewakili Kecamatan Batulicin dalam lomba desa tingkat kabupaten
“Alhamdulillah dalam dua tahun terakhir ini, desa kami dinilai mengalami kemajuan yang cukup luar biasa oleh tim penilai, sehingga berhak mewakili Kecamatan Batulicin,” katanya
Hal itu sambungnya, dapat terwujud berkat dukungan dan semangat gotong royong dari semua pihak.
Dia mengungkapkan demi memberikan pelayanan dan kenyamanan kepada masyarakat. Rudi rela mengorbankan uang pribadi nya untuk membangun berbagai fasilitas seperti membangun pagar kantor desa, paving halaman kantor desa, rehab ruang palayanan, keramik sebagian kantor desa, plafon dan juga menyediakan kantor untuk BPD.
“Hari ini saya sampaikan bahwa pembangunan yang telah kami laksanakan itu akan dihibahkan seluruhnya kepada desa kersik putih,” ungkapnya.
Dengan lomba desa ini Rudi berharap tidak hanya sampai pada tingkat kabupaten saja namun sampai tingkat provensi hingga nasional.
Camat Batulicin, H Suryadi mengatakan dipilihnya Desa Kersik putih sebagai pemenang tidaklah suatu kebetulan namun melalui proses penilaian yang dilakukan oleh tim penilai ditingkat kecamatan
”Saya selaku camat batulicin sangat mendukung pelaksanaan lomba desa dan kelurahan karena dapat membawa perubahan yang lebih baik,” ungkapnya
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Tanah Bumbu Samsir mengatakan hari ini merupakan hari ke 11 melakukan penilaian terhadap desa dan kelurahan.
“Meskipun tim terlihat kelelahan namun tetap semangat dalam menjalankan tugas,” katanya
Dia juga sangat mengapresiasi perjuangan kepala desa dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat menggunakan uang pribadi. “Mudah-mudahan ini dapat dicontoh oleh desa lainnya,”ujarnya
Samsir menjelaskan lomba desa dan kelurahan ini tertuang dalam Permendagri no 81 Tahun 2015 tentang evaluasi perkembangan desa dan kelurahan.
Maksud dilaksanakan untuk menentukan status tertentu dari capaian hasil perkembangan sebuah desa dan kelurahan serta untuk mengetahui efektivitas dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, pembinaan kemasyarakatan dan pemberdayaan masyarakat.
Selain itu juga untuk mengetahui tingkat kesejahteraan masyarakat, daya saing desa dan kelurahan yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.
Lebih lanjut Samir menjelaskan evaluasi perkembangan desa dan kelurahan bertujuan untuk melihat tahapan dan menentukan keberhasilan perkembangan desa dan kelurahan dalam kurun waktu Januari hingga Desember
Dengan mengangkat tema ‘Desa dan Kelurahan Tangguh Ekonomi Masyarakat Tumbuh, Samsir berharap Desa Kersik Putih dapat menjadi  desa mandiri menuju kesejahteraan masyarakat. (Man)
 
 

maskot-pemilu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

baner2
ayo-vote-menangkan-video-wonderful-indonesia-di-unwto-award-170906x_3x2-rev170907
HARI JADI TANBU