Cegah Kanker Serviks, Puskesmas Batulicin dan Polsek Batulicin Adakan Tes IVA

Penulis detikban - 11/12/2019

9680
WhatsApp Image 2019-12-11 at 10.12.24

Detik Banua. Co. Id, BATULICIN – Puskesmas Batulicin bekerjasma dengan Polsek Batulicin mengadakan pemerikaan  Infeksi Visual dengan Asam Asetat (IVA) bagi masyarakat Batulicin bertempat di Puskesmas Batulicin, Rabu (11/12/2019)

Kepala Puskesmas Batulicin Drg S Puji Lestari mengungkapkan pemeriksaan IVA dilakukan untuk mencegah dan mendeteksi dini kanker rahim atau kanker serviks bagi perempuan yang sudah menikah.

Lebih lanjut Drg Puji menjelaskan pemeriksaan IVA ini merupakan pemeriksaan yang cepat diketahui hasilnya saat itu juga dengan meneteskan asam asetat dimulut rahim.

“Kebanyakan perempuan malu memeriksakan sejak dini, padahal pemeriksaan sejak dini sudah harus dilakukan apalagi sudah menikah,”katanya.

Kanker payudara di ikuti kanker serviks disebabkan oleh Human Papillonavirus adalah penyebab kematian wanita di Indonesia saat ini tambah Drg Puji.

Oleh karena itu ia menghimbau kepada perempuan yang sudah menikah di wilayah kerja Puskesmas Batulicin agar dapat memeriksakan sejak dini kanker serviks ini.

Selain itu, dilakukan juga pemeriksaan FR PTM bagi anggota Polisi yang bertugas di Polsek Batulicin seperti memeriksa tinggi badan, berat badan, lingkar perut serta penyakit tidak menular lainnnya.

Sementara itu Kapolsek Batulicin Ipda Farikin Rois menuturkan kerjasama ini dilakukan dalam rangka menyambut hari ibu

“Ini kami lakukan sebagai bentuk kepedulian terhadap perempuan dalam mencegah dan memerangi penyakit kanker serviks,”imbuhnya.

 

 

 

 

 

maskot-pemilu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

baner2
ayo-vote-menangkan-video-wonderful-indonesia-di-unwto-award-170906x_3x2-rev170907
HARI JADI TANBU