Bupati Zairullah Pastikan Stock Bahan Pokok Aman Tiga Bulan Kedepan

Penulis detikban - 27 Mar 2024

1470
[addtoany]
screenshot-1711544840836

Detik Banua.Co.Id, BATULICIN – Bupati Tanah Bumbu HM Zairullah Azhar memastikan persediaan bahan pokok jelang Hari Raya Idul Fitri 1445 H Relatif aman bahkan sampai tiga bulan kedepan.

Hal itu disampaikannya saat jumpa pers, di Kantor Bupati Gunung Tinggi, Rabu (27/03/24).

Menurutnya hal itu sesuai stock barang di tingkat distributur, pedagang besar dan pengecer serta pengawasan tim satgas pangan terhadap pasar tradisional, modern dan pergudangan

Sedangkan untuk harga juga relaif stabil meskipun ada beberapa kenaikan seperti beras, minyak goreng, telur dan daging

Bupati HM ZAirullah Azhar Saat Jumpa pers di hadapan Awak Media

Untuk beras yang mengalami kenaikan harga adalah beras yang berasal dari Sulawesi. Sedangkan beras lokal (siam dan unus) potensial mengalami penurunan harga setelah idul fitri dengan perkiraan panen raya di sentra produksi (Kabupaten Batola dan Banjar).

Kemudian, untuk potensi kenaikan harga akan terjadi pada daging sapi menjelang lebaran di perkirakan akan naik di harga Rp 170 ribu/kg. Potensi kenaikan harga juga akan terjadi pada cabe kering, seiring meningkatnya permintaan untuk bumbu masak. Saat ini harga terus bergerak naik dari harga Rp 90 ribu menjadi Rp 110 ribu.

“Hal yang perlu mendapat perhatian adalah persediaan komoditi cabe, sayuran, ikan segar, serta komoditi telur dan daging ayam yang pasokannya tergantung pada daerah lain,” terangnya.

Terkait kenaikan harga daging, ucap Bupati daging akan meningkat jelang Idul Fitri karena faktor kebutuhan masyarakat. Namun ia menghimbau agar kenaikan harga sewajarnya saja.

Sementara itu, untuk menjaga inflasi di Tanbu, salah satunya yaitu dengan menggelar pasar murah yang sudah di laksanakan di 12 Kecamatan se-Tanah Bumbu. (Rel)

maskot-pemilu
baner2
ayo-vote-menangkan-video-wonderful-indonesia-di-unwto-award-170906x_3x2-rev170907
HARI JADI TANBU