Bupati Tanah Bumbu Lantik 13 Penjabat Kepala Desa Pemekaran

Penulis detikban - 20/12/2021

1230
Screenshot_20211220-220551_WhatsApp

Detik Banua.Co.Id, Tanah Bumbu – Kabupaten Tanah Bumbu kembali memekarkan sebanyak 13 Desa.

Dengan pemekaran tersebut, kini desa persiapan menjadi 21 desa, setelah beberapa bulan lalu ada 8 desa yang juga sudah dimekarkan.

Bupati Tanah Bumbu, Zairullah Azhar secara resmi melantik 13 Penjabat Kepala Desa dan perangkatnya secara langsung di ruang Aula Bersujud Kantor Bupati, Gunung Tinggi, Senin (20/12)

Penjabat Kepala Desa dan Perangkat Desa yang dilantik adalah Desa Tanah Merah Indah, pemekaran dari Desa Kersik Putih Kecamatan Batulicin

Kemudian Desa Batu Meranti Jaya pemekaran dari Desa Meranti Jaya Kecamatan Sungai Loban

Selanjutnya Kecamatan Simpang Empat, Desa Gunung Kanuar pemekaran dari Desa Gunung Besar, Desa Berkah Antasari pemekaran dari Desa Gunung Antasari, Desa Gunung Meranti pemekaran dari Desa Sungai Dua, Desa Anugrah Sejahtera pemekaran dari Desa Sejahtera

Kecamatan Karang Bintang, Desa Manunggal Jaya pemekaran dari Desa Manunggal, Desa Bintang Makmur pemekaran dari Desa Karang Bintang.

Selanjutnya Kecamatan Mantewe, Desa Sukadamai Barat, Desa Sukadamai Timur pemekaran dari Desa Sukadamai, Desa Mulya Jaya pemekaran dari Desa Sarimulya, Desa Kebun Agung pemekaran dari Desa Sepakat, 

Serta Kecamatan Kuranji, Desa Mekar Mulia pemekaran dari Desa Giri Giri Mulya. 

Dengan dilantiknya 13 penjabat desa, kini total desa di Kabupaten Tanah Bumbu menjadi 165 desa

Bupati dr HM Zairullah Azhar, dalam sambutannya mengatakan, kepala desa dan perangkat yang sudah dilantik memiliki tanggung jawab besar kepada masyarakat terutama dalam memajukan dan menjalankan pemerintahan desa.

Banyak pekerjaan yang harus diselesaikan dalam menyiapkan menjadi desa definitif terutama dalam percepatan pembangunan.

“Kepala Desa harus banyak berkonsultasi tentang apa saja yang perlu dibangun sehingga terjalin komunikasi yang baik dengan diatasnya,seperti Camat, Dinas PMD dan lainnya,” tuturnya.

Nampak hadir dalam acara Sekretaris Daerah Tanbu, Kepala Dinas PMD, Seluruh Camat dan sejumlah Kepala Desa Induk

Tugas pertama yang harus dilakukan, lanjut Zairullah, data semua warga miskin, kurang mampu dan anak yatim piatu di wilayah masing-masing dan laporkan kepadanya.

Dilansir dari metrokalsel.co.id, Kapala Dinas PMD Tanbu, Samsir, mengungkapkan pelantikan Pj Kades ini adalah awal tugas mereka dan banyak yang harus dilakukan.

Pertama harus melakukan pendataan, invertarisasi aset dan masalah tapal batas desa. Selain itu, mempersiapan kantor desanya.

” Walau sementara sudah ada kantor sementara tetapi harus mempersiapkan lokasi kantor definitif nanti,” katanya.

Dengan pemekaran ini, tentunya bisa mempermudah pelayanan kepada masyarakat, percepatan pembangunan infrastruktur.

” Satu hal lagi, adanya pemekaran desa ini bisa meningkatkan kesejahteraan dan peningkatan ekonomi bisa lebih cepat. Dan harapan kami kepada desa-desa pemekaran ini bisa memberikan inovasi dan menggali potensi desa untuk mendapatkan PADes, ” tandasnya.

Nampak hadir dalam acara Sekretaris Daerah Tanbu, Kepala Dinas PMD, Seluruh Camat dan sejumlah Kepala Desa Induk, serta tamu undangan lainnya.

(Man)

maskot-pemilu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

baner2
ayo-vote-menangkan-video-wonderful-indonesia-di-unwto-award-170906x_3x2-rev170907
HARI JADI TANBU