Bupati Pimpin Upacara Hari Pahlawan 7 Februari Pagatan 1946

Penulis detikban - 07 Feb 2023

840
[addtoany]
6C41D4DF-9AE8-4CDC-A243-A76021CA13C9-scaled.jpeg
DETIK BANUA.CO.ID, TANAH BUMBU – Bupati Tanahbumbu, Abah HM Zairullah Azhar memimpin upacara hari pahlawan 7 Februari 1946 Pagatan, di Lapangan  Bola Pagatan, Kecamatan Kusan Hilir, Selasa (7/2/2023).
Tema peringatan hari pahlawan 7 Februari tahun ini adalah semangat juang pahlawan ciptakan SDM berkualitas mewujudkan Tanahbumbu Bersujud menuju Serambi Madinah.
Bupati HM Zairullah mengatakan, peringatan hari bersejarah 7 februari ini merupakan momen penting, tidak hanya untuk mengenang jasa para pahlawan peristiwa 77 tahun silam, namun momentum ini juga menjadi semangat mengisi pembangunan di Bumi Bersujud.
“Semangat perjuangan inilah yang menjadi motivasi untuk kemudian melanjutkan perjuangan membangun daerah kita hari ini dengan motto Bersujud menuju Serambi Madinah,” ucap Bupati saat sambutannya.
Untuk itu bupati mengajak seluruh elemen daerah ini agar menjadikan semangat perjuangan itu dalam menggelorakan dan mengisi pembangunan daerah. Baik saat ini maupun dimasa yang akan datang.
“Marilah semangat perjuangan ini terus kita aplikasikan dalam bentuk aktifitas pembangunan bersama sama disegala bidang,” ujar bupati.
Lebih lanjut, bupati mengingatkan program pemerintah daerah melalui satu desa satu masjid yang merupakan bentuk lain dari semangat perjuangn yang sungguh sungguh dan ikhlas dari pahlawan masa itu.
“Menciptakan generasi tangguh yang cerdas tidak hanya kecerdasan intelektual namun juga kecerdasan agama,” pungkasnya.
Usai upacara, Bupati didampingi Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) menyerahkan bingkisan kepada keluarga ahli waris pejuang.
Sebagai informasi, peristiwa 7 Februari 1946 merupakan perjuangan rakyat Pagatan mempertahankan Republik Indonesia dimana peristiwa berakhir dengan gugurnya 38 syuhada. Khususnya pejuang Kota pahlawan Pagatan yang telah berjuang mempertahankan daerah ini.
Turut hadir, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Tanahbumbu, Sekretaris Daerah, Anggota DPRD, Pejabat Pemkab Tanahbumbu, Instansi Vertikal, Keluarga Pahlawan dan LVRI Tanahbumbu.
Tampak hadir juga sejumlah organisasi wanita diantaranya Ketua TP PKK, GOW, Dharma Wanita, Gatriwara, Dharmakarini, Bhayangkari, Persit Kartika Chandra Kirana, Jalasenatri. Peserta upacara, TNI Polri, ASN Pemkab Tanahbumbu, Pelajar
maskot-pemilu
baner2
ayo-vote-menangkan-video-wonderful-indonesia-di-unwto-award-170906x_3x2-rev170907
HARI JADI TANBU