Adipura Tingkat Lokal Akan Diberlakukan di Tanah Bumbu

Penulis detikban - 24 Feb 2024

1810
[addtoany]
c

DETIK BANUA.Co.Id, BATULICIN – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu berencana akan menerapkan Adipura tingkat lokal. Hal itu cukup beralasan karena selama ini penilaian terpacu pada penilaian Adipura tingkat nasional saja.

berbagai persiapan dilakukan menuju kearah itu diantaranya dengan melakukan peningkatan pemahaman dan sistematika penanganan sampah melalui rapat koordinasi Program Madinah Berseri.

Dimana kegiatan tersebut melibatkan pihak Kecamatan maupun Desa, Kamis (22/02/2024) di ruang rapat DLH.

Kepala DLH Tanbu melalui Kabid Tata lingkungan Laila Hartati mengatakan. Selama ini, dampak dari penerapan Adipura nasional hanya dirasakan oleh daerah Kabupaten, terutama pada kebersihan dan pengelolaan RTH. Namun gemanya belum menyentuh ketingkat Desa dan Kelurahan.

“Ini sudah diamanatkan kepala daerah kepada DLH untuk tetap melanjutkan pelaksanaan program turunan dari Adipura nasional yang dapat diimplementasikan di skala Desa dan Kelurahan dengan melakukan koordinasi pada pihak Kecamatan. ,”kata Kabid Tata lingkungan saat membuka Rakoor tersebut.

Lanjutnya, Ini merupakan kewajiban dasar dari setiap individu, yang jika terlaksana secara bertahap dapat berjalan secara beriringan sesuai kewenangannya. Maka akan terbangun motivasi kemandirian Desa maupun Kelurahan dalam pengelolaan persampahan dan penghijauan.

“Kita berharap,ada rasa keperdulian demi kebersihan lingkungan berkelanjutan, sehingga akan terwujud kelestarian lingkungan di Kabupaten Tanah Bumbu Namun jika itu jadi budaya maka tidak menjadi kendala bila ada momen penilaian Adipura oleh tim penilai. Kerena tidak hanya Kabupaten kota saja, namun di Desa dan Kelurahan pun sudah siap,”tutupnya.

maskot-pemilu
baner2
ayo-vote-menangkan-video-wonderful-indonesia-di-unwto-award-170906x_3x2-rev170907
HARI JADI TANBU