Program 1 Desa 1 Masjid Dukung Wujudkan Serambi Madinah

Penulis detikban - 15 Nov 2022

980
[addtoany]
IMG-20221115-WA0004
DETIK BANUA.CO.ID, Tanah Bumbu –  PROGRAM memakmurkan masjid di semua desa melalui 1 Desa 1 Masjid merupakan komitmen Pemkab Tanah Bumbu menuju Serambi Madinah. Program ini masif dan terarah direalisasikan setiap hari dikawal langsung sang inisiator dan pelopor, Bupati dr Zairullah Azhar.
“Kami pastikan program ini berjalan tanpa batas waktu dan berkelanjutan,” tegasnya dalam setiap momen pertemuan.
Program 1 Desa 1 Masjid ini, terang Presiden Anak Yatim, dr Zairullah Azhar dilaksanakan secara serentak di 154 desa dari 12 kecamatan di Bumi Bersujud dengan didampingi oleh 54 Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemkab Tanah Bumbu.
“Kegiatan setiap malam Jumat semua SKPD wajib hadir di masing-masing desa binaan,” tegas dia.
Diterangkan dia, program memakmurkan 1 desa 1 masjid diisi dengan kegiatan keagamaan seperti pengajian dan lainnya.

“Kegiatan sudah berjalan sejak tanggal 7 Juli 2022 dan rutin sampai hari ini dengan didampingi oleh SKPD,” terang dia.
Program Persiapkan Generasi Islami Dimasa Mendatang
Bupati Tanah Bumbu, DR Zairullah Azhar mengatakan program 1 desa 1 masjid berlatar belakang dari berbagai kajian penelitian dengan kesimpulan apabila masjid meriah dengan diisi kegiatan keagamaan didalamnya maka kampung maupun daerah setempat dihujani berkah yang mendatangkan kebaikan.
Alasan itulah, sambung dia, Pemkab Tanah Bumbu bertekad mewujudkan cita-cita besar Bumi Bersujud harus maju pembangunannya disegala bidang.
lebih lagi, jelas dia, Kabupaten Tanah Bumbu berbatasan langsung dengan Ibu Kota Negara (IKN) di Provinsi Kalimantan Timur, sehingga Pemkab Tanah Bumbu perlu mempersiapkan generasi 5 hingga 20 tahun kedepan yang cerdas secara keilmuan umum. kemudian, secara keagamaan mereka mampu bersaing untuk melanjutkan pembangunan.
“Tujuan 1 desa 1 masjid ini untuk memakmurkan masjid dengan kegiatan keagamaan, terutama diisi dengan anak-anak belajar membaca Al Qur”an dan ibadah lainnya,” jelas dia.
Bahkan, saat ini sudah dilakukan penerapan sistem diniyah pada pendidikan TK, SD, dan SMP dengan menambahkan pelajaran agama dalam proses belajar mengajar di sekolah.
“Seperti melaksanakan shalat dhuha, membaca Al Qur’an, melantunkan dzikir dan lainnya,” contoh dia.
Menghidupkan Masjid melalui Anak-anak Penghafal Al Qur’an
Bupati Tanah Bumbu, dr Zairullah Azhar menargetkan masjid di desa diramaikan dengan orang-orang yang berdoa, terutama pembentukan karakter cinta masjid kepada anak-anak generasi penerus bangsa.
“Hal ini memang tidak mudah, karena meramaikan masjid perlu pengorbanan waktu, tenaga dan pikiran. Anak-anak dengan pendidikan penghafal Al Qur’an merupakan anak-anak cerdas dan inshaaAllah terjamin kesuksesannya,” terang Zairullah.
Dipastikan dia, program ini perlu keseriusan dan kesungguhan. Selain itu, diperlukan dukungan dari orang tua serta dorongan dari Dinas Pendidikaan serta Kementrian Agama dalam sinergitas.
“Gerakan kita ini bisa mendorong anak-anak sebagai penghafal Al Qur’an dalam kurun waktu 2 tahun,” yakin dia.
Diharapkan dia, anak-anak di Kabupaten berjuluk Bumi Bersujud istiqomah menjadi penghafal Al Qur’an 30 juz.
Program ini bakal Diikutkan Lomba Inovasi Daerah Tingkat Nasional
Sekretaris Daerah Tanah Bumbu, DR Ambo Sakka mengatakan Program 1 Desa 1 Masjid bakal menjadi program inovasi yang akan diikutkan dalam lomba inovasi daerah di tingkat nasional yang diselenggarakan MenPan RB RI.
“Program yang diinisiasi Pak Bupati ini lagi dipersiapkan proposalnya untuk diikutkan dalam lomba ajang inovasi daerah tingkat nasional,” ucap dia.
Dijelaskan dia, dalam penyusunan proposal melibatkan semua SKPD, Camat dan kepala desa.
“Semua yang terlibat diminta untuk membuat proposal. Nantinya proposal tersebut akan berbagi tugas seperti membuat ide inovatif, kontribusi capaian pembangunannya dan keberlanjutan kolaborasi serta pemangku kepentingan,” jelas dia.
Kemudian, lanjut dia, perlunya acuan bahwa dalam membuat proposal harus ada ringkasan, implementasi, relevansi inovasi dan kategori yang dipilih, file pendukung yang akan dibuat seperti video yang akan dijadikan suatu dokumen dan dikirim serta disimpan dalam bentuk kebutuhan arsip.
“Pak Bupati sangat berharap kepada para kepala desa dan camat serta instansi terkait agar serius pada persiapan inovasi 1 Desa 1 Masjid tersebut dan benar-benar dilaksanakan,” harap dia. [tim]
maskot-pemilu
baner2
ayo-vote-menangkan-video-wonderful-indonesia-di-unwto-award-170906x_3x2-rev170907
HARI JADI TANBU