Usai Dilantik, Zairullah Azhar-Muhammad Rusli Akan Jalankan 4 Strategi Dasar Pembangunan

Penulis detikban - 26/02/2021

5030
20210227_000109

BANJARMASIN, Detik Banua. Co. Id-Penjabat Gubernur Kalimantan Selatan, Safrizal ZA atas nama Menteri Dalam Negeri melantik Bupati dan Wakil Bupati Tanah Bumbu terpilih, Zairullah Azhar-Muhammad Rusli bertempat di Gedung Mahligai Pancasila, Kota Banjarmasin, Jum’at (26/02)

Pelantikan dan pengambilan sumpah dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Dalam sambutanya, Pj Gubernur Safrizal ZA mengucapan selamat dan sukses kepada kepala daerah yang baru dilantik.

Ia mengingatkan  kepala daerah yang dilantik dapat memegang teguh amanah secara bertanggung jawab, mengedepankan kepentingan masyarakat, serta senantiasa memegang teguh Pancasila dan UUD RI Tahun 1945.

“Selaku kepala daerah melaksanakan tugas negara dan amanah rakyat bukanlah tugas yang mudah. Namun dengan kerja keras, inovasi, kreativitas, dan koordinasi yang baik dengan semua pihak maka semua kesulitan bisa diatasi,” tambahnya

Sementara itu usai pelantikan, kepada sejumlah Media Zairullah Azhar mengatakan akan segera melakukan sebagaimana arahan Gubernur Kalsel terutama berkaitan dengan pandemi Covid-19.

Kedua, berkaitan dengan persoalan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

Ketiga, persoalan bencana banjir, dan keempat, hal-hal lain yang bisa memberikan dampak terhadap upaya percepatan pembangunan.

Di Tanah Bumbu, sebut Zairullah, ada empat strategi dasar pembangunan kedepannya, yaitu SDM, Ekonomi, Infrastruktur, dan Penguatan Pemerintahan.

“SDM penting, karena merupakan kata kunci pembangunan,” sebut Zairullah.

Pemerintah daerah dalam hal ini memperhatikan pendidikan formal dan informal. Mulai dari dalam kandungan sampai perguruan tinggi.

Harapannya, melalui pembangunan SDM ini anak-anak di Tanah Bumbu semakin cerdas dan berkualitas.

Berkaitan dengan infrastruktur, banyak hal yang akan dilakukan sesuai dengan yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Sedangkan untuk pembangunan ekonomi, yaitu ekonomi makro sampai mikro.

Potensi yang selama ini ada di Tanbu akan dikembangkan baik berkaitan dengan perkebunan, pertanian, perikanan, dan pertambangan.

Terkait ekonomi mikro atau UMKM, kita ingin ada strategi pembangunan di desa agar setiap desa dialokasikan anggaran paling tidak Rp.100 juta perdesa untuk bibit dan pupuk supaya bisa dikembangkan oleh rumah tangga.

Juga hal-hal besar yang akan dilakukan, termasuk pembangunan industri sesuai potensi yang dimiliki daerah.

Kemudian untuk penguatan pemerintahan tentunya akan disiapkan kader-kader pembangunan di pemerintahan yang memiliki keikhlasan dan kesungguhan dalam bekerja sehingga menjadi tulang punggung yang diharapkan berkelanjutan dalam pembangunan daerah.

(Mc Tanbu/Rel/Rel/Man)

maskot-pemilu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

baner2
ayo-vote-menangkan-video-wonderful-indonesia-di-unwto-award-170906x_3x2-rev170907
HARI JADI TANBU