Sekda Tanbu Apresiasi Kontes Kambing Bhayangkara Cup 2024

Penulis detikban - 23 Jun 2024

1200
[addtoany]
WhatsApp Image 2024-06-23 at 14.50.06

Detikbanua.com, BATULICIN – Namanya keren, govinda seperti sebuah band papan atas indonesia. kambing jantan yang memiliki bobot 104 kilogram dan tinggi 105 sentimeter itu berhasil menyabet juara satu dalam kontes kambing bhayangkara cup polres Tanah Bumbu tahun 2024.

Govinda menang pada kategori paling ekstrem yang digelar polres tanah bumbu di taman edukasi park Batulicin, minggu (23/06/2024)

Ada empat kategori yang dilombakan dalam kontes ini, yakni ekstrim jantan,ekstrim betina, seni jantan dan betina. Dengan jumlah peserta 88 ekor kambing.

dari hasil penjurian kambing jenis etawa bernama govinda ini bersaing ketet dengan jombor dan grondong, yang juga sama sama berhasil meraih juara kedua dan tiga.

Johansyah asal batulicin, berbagi kisah dalam merawat kambing milikya. govinda yang kini berusia 3 tahun, setiap hari diberinya makan bergizi tinggi seperti kulit kedelai,beras kacang hijau. setidaknya dia mengeluarkan biaya 100 ribu persekali makan.

dia juga mengaku sudah mempersiapkan kambing-kambingnya untuk ikut kontes sejak lama, sebanyak 100 ekor dipeliharanya selama satu tahun ini, sebagian diperjual belikan dan sisanya untuk perlombaan. Ia punya target bakal ikut kontes ditingkat nasional. “Iya saya akan coba ikut tingkat nasional kalo ada kontes lagi, ungkapnya,”

Kapolres tanah bumbu akbp arief prasetya menuturkan kontes ini bertujuan untuk membangkitkan motivasi para peternak dan meningkatkan produksi pengembang biakan kambing di kalimantan selatan terlebih kabupaten tanah bumbu menjadi penyangga pangan dan ternak bagi ibukota nusantara ikn, ia berharap kontes seperti ini lebih sering digelar.

AKBP arief prasetya  kapolres tanah bumbu selaku penyelenggra mengungkapkan dalam kontes ini panitia menentukan penilaian untuk pemenang kategori ekstrim adalah bobot terberat, sedangkan kambing seni, juri menilai dari bentuk tubuh, kemolekan dan keunikan.

Sementara Sekretaris Daerah Kabupaten Tanah Bumbu H Ambo Sakka sangat mengapresiasi dilaksanakannya kegiatan ini.

Menurutnya kegiatan ini mencari bibit kambing terbaik dengan tetap menjaga dan melestarikannya.

“Pada hari ini saya sangat senang karena dapat bertemu langsung dengan para peternak dan pecinta kambing dari berbagai daerah,” ujar Sekda

Dia berharap dengan kegiatan ini dapat meningkatkan sektor ekonomi dalam bidang peternakan di masyarakat Kabupaten Tanah Bumbu (Man)

maskot-pemilu
baner2
ayo-vote-menangkan-video-wonderful-indonesia-di-unwto-award-170906x_3x2-rev170907
HARI JADI TANBU