Komisi II DPRD Tanbu Bersama PDAM Bahas Rencana Pemasangan Instalasi Air Gratis

Penulis detikban - 24/06/2021

700
DEWANNNNN

Detik Banua. Co.Id, TANAH BUMBU- Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tanah Bumbu gelar rapat kerja bersama Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Bersujud, Kabupaten Tanah Bumbu di ruang komisi II DPRD,,Senin (21/6/21).

Rapat yang dipimpin langsung ketua komisi II H.Sayid Umar Al’idrus tersebut dihadiri Plt.Direktur PDAM Bersujud H.Abdul Hafiz beserta jajaran.

Dalam rapat itu dibahas tentang adanya program bantuan yang disalurkan PDAM yaitu program pemasangan instalasi air bersih untuk masyarakat tidak mampu .

Plt Direktur PDAM, Abdul Hafiz menjelaskan tentang latar belakan PDAM yang merupakan perusahaan milik daerah selaku penyedia layanan air bersih, yang diawasi dan dimonitor oleh eksekutif.

Lanjutnya,berdasarkan peraturan pemerintah no 15 tahun 2016 pasal 57 ayat I dan 2 bahwa penyediaan air minum merupakan salah satu urusan wajib pemerintah daerah dan pemerintah pusat.

Adapun jumlah pelanggan PDAM Bersujud Kabupaten Tanah Bumbu  per 31 Desember 2020 berjumlah 28.920 sambungan. Dan jumlah penduduk terlayani sebanyak 144.600 jiwa dari jumlah 313.505 jiwa di 10 Kecamatan

Sedangkan untuk jumlah pelanggan PDAM per 31 Mei 2021 berjumlah 29.893 sambungan rumah (SR). Yang terdiri dari kecamatan Batulicin 15.062 SR, Kusan Hilir 5.704 SR, Satui 5.488 SR, Angsana 916 SR, Sungai Loban 459 SR, Mantewe 296 SR,Kuranji 875 SR dan Kusan Hulu 1.093 SR.

Kemudian dia menjelaskan untuk rencana program PDAM Bersujud tahun 2021 meliputi program optimalisasi dan pengembangan sistem penyediaan air minum (SPAM) .

Berdasarkan hal tersebut, program pengembangan dititik beratkan dalam upaya perluasan cakupan wilayah pelayanan PDAM  melalui sambungan rumah reguler. Dan dukungan terhadap program pemerintah daerah dan pusat tentang program sambungan rumah gratis untuk masyarakat berpenghasilan rendah DAK sebanyak 2.200 R dan program MBR pusat sebanyak 1.500 SR.

Namun diketahui bahwa adanya kendala yang ditemui saat dilapangan  yaitu belum meratanya penyebaran pipa induk sehingga bagi masyarakat yang mengajukan pemasangan PDAM belum bisa terpenuhi.

“jadi kami hanya bisa melayani sebanyak  149.465 jiwa atau kisaran 58 persen” ucap Abdul Hafiz.

Setelah diberikan pemaparan tersebut, beberapa anggota dewan menanggapi dengan memberikan berbagai saran dan kritikan . karena semuanya berharap agar warga Tanah Bumbu khususnya yang kurang mampu bisa mendapatkan air bersih tersebut.

Dari rapat tersebut menghasilkan sebuah kesimpulan diantaranya diharapkan pada PDAM agar dapat menambah pengembangan pipa induk, Peningkatan jaringan sambungan rumah yang belum tersentuh, Pemerintah agar dapat memberikan tambahan modal untuk PDAM dan PDAM diminta agar membuat surat pemberitahuan ke desa-desa terkait program pemasangan gratis , serta diharapkan juga adanya peremajaan pipanisasi dan selanjutnya akan diagendakan kembali rapat komisi II dan PDAM dengan menghadirkan dinas PUPR

Turut hadir pada rapat tersebut beberapa anggota dewan komisi II diantaranya  H.Bahsanuddin, I Wayan Sudarma, Haris Fadillah, Hermanudin.

maskot-pemilu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

baner2
ayo-vote-menangkan-video-wonderful-indonesia-di-unwto-award-170906x_3x2-rev170907
HARI JADI TANBU