Dinas PMD Tanbu Bersama Pendamping Desa P3MD Lakukan Monev di Desa Pedalaman

Penulis detikban - 15/10/2020

10860
WhatsApp Image 2020-10-15 at 08.51.53

Detik Banua. Co. Id, Tanah Bumbu-Sedikitnya 80 peserta Iring -iringan sepeda motor trail melintasi Desa Tamunih dan Batu Bulan, Selasa (13/10).

Diketahui Desa Tamunih dan Desa Batu Bulan merupakan Desa pedalaman yang berada di wilayah Kecamatan Kusan Hulu Kabupaten Tanah Bumbu Kalsel, yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Banjar.

Boleh dikata, dua desa tersebut cukup terisolir dikarenakan kondisi jalan yang sangat sulit dijangkau, apalagi jika musim penghujan datang.

kondisi jalan menuju Desa Batu Bulan

Bersama Dinas PMD Kabupaten Tanah Bumbu, para Pendamping Desa yang tergabung dalam Pendamping Profesional P3MD melakukan monitoring dan evaluasi (Monev)

Hal itu untuk memastikan penggunaan Dana Desa yang sudah di gulirkan oleh pemerintah berjalan sesuai dengan aturan.

Kepala Dinas PMD, melalui Kabid Penyelenggaraan Pemerintahan Desa, Ichsan Shirazi mengatakan Monev dilaksanakan untuk memantau kinerja desa terutama untuk mengetahui dampak dari Dana Desa yang sudah disalurkan.

Selain itu untuk menjalin silaturahmi antara Dinas PMD dan Pendamping Desa P3MD

“Momen-momen insindentil yang memberikan banyak pelajaran hidup tentang leadership, teamwork, mengalahkan ego, pengendalian emosi, menyelamatkan teman, keluar dari zona nyaman, merasakan keterpencilan, memotivasi kawan, serta banyak lagi yang lainya,” tulis Yandi, Tenaga Ahli P3MD Tanbu di medsos facebok miliknya.

Jalan menuju Desa Tamunih Kecamatan Kusan Hulu

Sementara itu Supian Tauri kordinator acara, menerangkan kegiatan tersebut bekerjasama dengan Dinas PMD Tanbu, Pihak Kecamatan dan Desa setempat.

Tujuannya adalah untuk melihat pembangunan yang bersumber dari Dana Desa, apakah sudah  berjalan sesuai aturan atau tidak.

Ia sengaja mengajak semua Pendamping Desa P3MDdi Tanah bumbu untuk ikut Monev agar dapat merasakan kondisi di daerah tersebut.

“Tujuan kami agar para Pendamping Desa mengetahui dan ikut merasakan kondisi dampingan di lokasi tersebut.” ujar pria yang sering dipanggil Andra ini

Sehingga menurutnya Pendamping Desa jangan hanya terpaku pada zona nyaman saja.

Namun yang terpenting dari itu semua adalah kebersamaan antar semua Pendamping Desa.

Andra mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang sudah mendukung terlaksananya acara tersebut.

“Terimakasih kepada Satrker Prov Kalsel yang berkenan hadir, Pendamping Desa P3MD Kotabaru dan Kandangan yang turut berpartisipasi. Mudah-Mudahan kekeluargaan terus terjaga,” tutupnya.

Acara yang dilaksanakan selama dua hari tersebut berjalan lancar dan sukses dan membawa kesan tersendiri bagi para Pendamping Desa P3MD

 

 

 

 

 

 

 

 

maskot-pemilu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

baner2
ayo-vote-menangkan-video-wonderful-indonesia-di-unwto-award-170906x_3x2-rev170907
HARI JADI TANBU