BPBD Tanbu Mitigasi Daerah Rawan Bencana

Penulis detikban - 24/03/2022

670
WhatsApp Image 2022-03-24 at 10.37.18

DETIK BANUA.CO.ID, BATULICIN – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanah Bumbu melakukan pemetaan terhadap daerah yang dianggap rawan bencana.
Hal itu dilakukan sebagai mitigasi, agar penanganan terhadap bencana cepat ditangani. Salah satunya adalah dengan melakukan sosialisasi dan pelatihan pencegahan bencana kepada masyarakat melalui desa dan kecamatan
Selain itu menyampaikan pemberitaan melalui Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) bekerjasama dengan Dinas Kominfo Tanbu
Seperti yang disampaikan Kepala BPBD Tanbu, Eryanto Rais bahwa mereka memiliki gedung
“Kami punya gedungnya, jadi disitu kami sampaikan terkait pemberitaan terkait bencana dengan berkoordinasi dengan Dinas Kominfo,” kata Kepala BPBD,Eryanto Rais, Rabu (23/03) di ruang kerjanya
Kepala BPBD menjelaskan bahwa jenis potensi yang perlu di waspadai adalah banjir, disusul kebakaran hutan, angin puting beliuang dan longsor.
“Bahkan BMKG sampai saat ini tidak bisa memprediksi khususnya Kotabaru dan Tanah Bumbu, jadi iklim kita tidak bisa ditentukan dibanding dengan kabupaten atau kota lain di Kalimantan Selatan,” pungkasnya.
Oleh sebab itu pihaknya dituntut untuk selalu sigap dikala bencana yang berpotensi terjadi kapan saja.
Untuk itu dalam melaksanakan tugasnya, BPBD juga bekerjasama dengan stakeholder dan unsur terkait yang terlibat dalam penanganan bencana.
“Alhamdulillah dengan stakeholder terkait seperti KPH Kusan, dan unit Basarnas yang sudah ada di Tanah Bumbu, komunikasi kita lebih cepat sehingga sekarang penanganan bencana tentu lebih cepat jika dibanding dengan dulu,” jelas Eryanto.
Selain itu data-data terkait bencana yang terjadi setiap tahun juga menjadi dokumen dan arsip penting bagi BPBD yang menjadi salah satu data pendukung pemerintah daerah dalam upaya pembangunan Bendungan Kusan yang terus didorong oleh Bupati  Abah Zairullah Azhar.
Kepada masyarakat yang tinggal di daerah rawan bencana sesuai arahan dari Bupati, BPBD menghimbau kepada masyarakat untuk mau di relokasi sebagai antisipasi mengurangi risiko bencana.(Red/Rel)
 

maskot-pemilu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

baner2
ayo-vote-menangkan-video-wonderful-indonesia-di-unwto-award-170906x_3x2-rev170907
HARI JADI TANBU