Bikin Kartu Keluarga Hingga Surat Pindah Sudah Bisa Hanya di Kantor Desa

Penulis detikban - 30/01/2020

7650
WhatsApp Image 2020-01-30 at 08.13.25

Detik Banua. Co.Id, BATULICIN – Guna mendekatkan diri ke Pelayanan Masyarakat, Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil terus melakukan berbagai terobosan

Salah satunya adalah dengan melayani pembuatan Kartu Keluarga (KK) dan beberapa administrasi kependudukan lainnya.

Kepala Dinas Dukcapil Tanbu Eka Saprudin mengatakan di awal tahun 2020 ini ada 5 (Lima) Desa di Kabupaten Tanah Bumbu yang sudah bisa melayani pembuatan administrasi kependudukan.

Desa tersebut yaitu Desa Mekar Jaya dan Desa Makmur Kecamatan Angsana, Desa Kertabuana Kecamatan Sungai Loban, Desa Mustika Kecamatan Kuranji, dan Desa Sido Mulyo Kecamatan Mantewe.

Pelayanan sudah bisa dilakukan seiring dengan telah dilaksanakanya Bimtek Operator Desa pada 28 Januari 2020.

“Semakin mudahnya pelayanan Adminduk ini setelah diluncurkannya Aplikasi Sistem Informasi Pengajuan Dokumen Kependudukan (Sipelanduk) serta Aplikasi Sistem Informasi Pelayanan Mutasi Penduduk (Nasiuduk) Berbasis Online,” sebut Eka.

Ia menambahkan aplikasi ini akan terus dikembangkan secara sistem dan juga terus mendorong seluruh desa untuk menggunakan aplikasi ini.

Adapun pembuatan Adminduk yang sudah bisa dilayani di Desa yakni pembuatan Kartu Keluarga (KK), Kartu Identitas Anak (KIA), Surat Keterangan (KTP sementara), pindah keluar kabupaten dan datang dari luar kabupaten dengan menggunakan aplikasi Nasiuduk dan Pelanduk.

Sebelumnya pada tahun 2019 yang lalu, ada sebanyak 4 (Empat) Desa dan Kelurahan yang sudah bisa melayani pembuatan kartu keluarga (KK) dan beberapa administrasi kependudukan lainnya yaitu Kelurahan Kampung Baru, Kelurahan Batulicin, Kelurahan Tungkaran Pangeran, dan Desa Segumbang.

maskot-pemilu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

baner2
ayo-vote-menangkan-video-wonderful-indonesia-di-unwto-award-170906x_3x2-rev170907
HARI JADI TANBU